TEORI FTP, PROFTPD & VSFTPD


TEORI
A.  PENGERTIAN FTP SERVER
     FTP (File Transfer Protocol) yakni protocol internet yang berfungsi sebagai transfer file antara mesin-mesin dalam sebuah antar jaringan (intranet/internet). FTP menggunakan port 21.
FTP atau File Transfer Protocol merupakan salah satu layanan yang cukup populer di internet. Biasanya FTP digunakan untuk kepentingan unduh (download) dan unggah (upload) antar komputer yang terpisah secara geografis. FTP sendiri adalah sebuah protokol yang termasuk dalam keluarga TCP (Transfer Control Protocol), layanan ini pada dasarnya terdiri atas dua, yaitu server dan client.
Fungsi FTP server adalah sebagai berikut :
- Untuk men-sharing data.
- Untuk menyediakan indirect atau implicit remote computer.
- Untuk menyediakan tempat penyimpanan bagi user.
- Untuk menyediakan transfer data yang reliable dan efisien.

Cara kerja FTP
1. Port standardFTP adalah 21 (pada server
2. Pada sisi server, ftp server menunggu incoming connection di port 21 (default).
3. FTP client mencoba connect ke ftp server dengan memasukan user passwordnya
4. FTP server men-check apakah si user dan password nya valid,Jika password yang di masukkan valid/benar maka FTP server langsung meredirect nya kedalam isi FTP server namun bila passwordnya salah maka koneksi akan ditolak
5. Setelah user tervalidasi maka ftp client dapat men-download/men-upload atau pun mendelete file yang terdapat di server, tergantung dari hak akses yang dimiliki
Macam Macam ftp server yang biasa digunakan pada Linux
Proftpd = Pro file transfer protocol Daemon
Vsftpd = very secure file transfer protocol Daemon
Pure ftpd = Pure file transfer protocol Daemon


B. PENGERTIAN PROFTPD DAN VSFTPD
Proftpd dan vsftpd dua server FTP yang sangat populer untuk sistem Unix / Linux. Meskipun mereka sangat mirip dalam hal fungsi, ada beberapa perbedaan penting.
      Manfaat utama dari proftpd adalah bahwa ia memiliki sebuah file konfigurasi yang sangat mudah dikelola. Sintaks dari proftpd.conf sangat mirip dengan file konfigurasi Apache. Hal ini membuat untuk standarisasi cukup efisien file konfigurasi. Hal ini mudah dikenali karena arsitektur modular.
vsftpd adalah FTP server default untuk Ubuntu, CentOS, Fedora, dan Red Hat. Hal ini membuatnya sangat mudah untuk menginstal dibandingkan dengan proftpd, tetapi tidak hadir semudah dari file konfigurasi. vsftpd juga dilaporkan lebih aman.
     VSFTPD adalah FTP server yang lebih baik. vsftpd lebih mudah untuk menginstal dan dapat melakukan semua yang Anda harapkan dari sebuah daemon FTP dengan tetap menjaga tingkat keamanan yang solid. Pada akhirnya, itu semua bermuara pada preferensi pribadi. Kedua server FTP dapat diandalkan, kuat, dan mereka mendukung FTP melalui SSL. Ketika seorang pengguna FTP dibuat, direktori rumah mereka bertindak sebagai direktori root FTP.
Bila Anda terhubung ke server Anda menggunakan FTP client, anda akan dibawa langsung ke / home / (direktori pengguna ftp itu). Hal ini membuat untuk metode cukup aman operasi. Sama seperti dengan distribusi Linux, apa yang benar bagi satu orang belum tentu apa yang benar bagi orang lain. Bekerja dengan apa yang membuat Anda paling nyaman.